Sabtu, 25 Februari 2017

SETTING VIRTUAL MACHINE UNBK 2017

Setting Network Virtual Machine pada APLIKASI UNBK 2017 Virtual Box

Sebagai persyaratan mutlak untuk UNBK 2017-CBT. Syarat server 2012 64 bit  harus terpasang  
2 ( dua) buah LAN CARD data disebut dengan istilah NIC1 dan NIC 2. 

NIC =  Lan Card atau  Adapter instilah di virtual box yang terpasang di SERVER UNBK 2017 dengan system operasi  Windows 2012 R2 64 bit.

NIC 1 / Adapter 1 / Lan Card 1  Untuk jaringan Client UNBK 2017

Adapter 1 atau NIC 1   harus kita beli dan tambahkan dan kita tancapkan di komputer sebagai NIC 1 tambahan untuk keperluan Jaringan Local atau Private Client yang di akses oleh peserta UNBK 2017 dalam hal ini Pelajar.

Untuk mensetting adapter, bisa melalui menu mesin/machine pengaturan/settings. Setting jaringan dilakukan dalam kondisi Virtual Machine  “UNBK” off. berikut ini ;

Gambar Ilustrasi contoh setting adapter 1 ;




Pilih jaringan di menu sebelah kiri, pilih Adapter 1, selanjutnya pilih Attached to/Terpasang pada Bridge Adapter, pilih nama adapter NIC yang terhubung ke LAB/Client Kemudian Pilih Advanced/Tingkat lanjutan gunakan default virtual box.

NIC 2 / Adapter 2 / Lan Card 2 Untuk Tersambung  ke Internet langsung

NIC-2 atau Lan Card 2 biasanya sudah ada pada setiap computer , artinya ketika kita membeli komputer pasti sudah tersedia NIC bawaain tersebut lihat gambar ilustrasi. NIC 2 biasanya digunakan untuk dapat bisa terhubung dengan internet langsung.

Koneksi ke internet diperlukan untuk meminta token dari server pusat dan mengupload hasil ujian peserta ke server pusat.
  
2 NIC harus diaktifkan di virtual machine dengan mensetting adapter di virtual machine. 

Pilih jaringan di menu sebelah kiri, pilih Adapter 2, selanjutnya pilih Attached to/Terpasang pada NAT, Kemudian Pilih  Advanced/Tingkat lanjutan gunakan default virtual box.

 Gambar Ilustrasi contoh setting adapter 2.


Kalau sudah ok semua maka ketika kita panggil   CBTSync dan Exam Browser Admin akan seperti gambar dibawah ini ;



Input  Id Server pada Gambar ini  Misalnya SERVER1 atau SERVERA - ATAU SERVERB sesuai nama server masing masing ketika install windows 2012 r2 64 bit.
Selanjutnya setelah mengisi data server akan tampil seperti ini ;




PROSES SELANJUTNYA ADALAH SIKRONISASI UNBK 2017


 Jasa pembuatan website surabaya

1 komentar: